Tips Mudah Lindungi Data Pribadi di Akun Facebook

Kebocoran data jutaan pengguna Facebook baru-baru ini mengindikasikan bahwa membagikan informasi pribadi sekecil apapun di dunia maya   akan membawa risiko.

Data kita di dunia maya tersebut akan riskan jika jatuh ke pihak yang tidak bertanggungjawab.

Misalnya informasi mengenai di mana kita tinggal, isi rumah kita,  informasi keuangan, kesehatan, informasi pribadi keluarga dan lain-lain. Data seperti ini dapat dengan mudah  dikumpulkan oleh perusahaan yang ingin menargetkan iklan pada konsumennya.

Untuk mengurangi resiko data pribadi kita bocor dan jatuh ke tangan yang salah, sebaiknya lakukan tips mudah berikut ini saat menggunakan Facebook :

1. Hindari memakai akun Facebook untuk registrasi pada situs lain.

Menggunakan akun Facebook memang lebih praktis untuk mendaftar ke situs lain. Namun dengan memberi izin pihak ketiga mengakses informasi kita, akan membuka celah kemungkinan data pribadi kita dipergunakan.

2.Hindari men-tag akun ibu kita terutama jika ia menggunakan nama lengkapnya di akun Facebook.

Informasi nama lengkap ibu kandung dapat  disalahgunakan,contohnya pada bank akan menanyakan berbagai informasi di antaranya nama lengkap ibu kandung untuk mengakses data nasabah.

3. Jangan biarkan orang lain mengunggah sesuatu yang tidak baik di timeline Anda.

Saat ini media sosial seperti Facebook dijadikan sebagai salah satu sumber referensi untuk mengetahui kepribadian seseorang. Bisa jadi atasan, kolega, teman , bahkan calon mertua akan melihat informasi tentang diri kita.

Sebaiknya batasi informasi seperti hoax, hate speech atau informasi yang tidak baik beredar di timeline kita.

4. Aktifkan privacy setting

Data tanggal lahir, alamat tempat tinggal dan nomer telepon juga rentan disalahgunakan. Karena itu sebaiknya lindungi data yang bersifat pribadi dengan privacy setting ini.

5. Kurangi klik Like untuk tawaran quiz, grup, movie, musik, apa pun.

Hal-hal semacam ini yang akan menjadi acuan profil data kita. Karena itu berhati-hatilah menginformasikan mengenai hal-hal apa yang kita sukai termasuk mengikuti berbagai quiz terbuka di Facebook. (Dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *