6 Manfaat Susu Kambing, Bikin Sehat & Cantik Jika Rutin Dikonsumsi

sehat & cantik dengan susu kambing

Selama ini kebanyakan dari kita lebih familiar dengan minuman susu yang identik dengan susu sapi. Namun tidak ada salahnya melirik alternatif lain yang tak kalah sehatnya yakni susu kambing.

Berikut 6 manfaat sehat susu kambing yang perlu kamu tahu :

1. Memiliki sifat anti-inflamasi alami

Kandungan fluorin pada susu kambing merupakan antiseptic alami yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh sehingga mengurangi perkembangan bakteri patogen yang berbahaya.

2. Mengandung asam lemak esensial

Susu kambing memiliki 35% asam lemak dibandingkan dengan susu sapi yang memiliki 17%.

Gizi pada susu kambing juga lebih sehat dan lebih baik dikonsumsi mentah bahkan bagi mereka yang tidak toleran terhadap laktosa.

Komposisi susu kambing lebih mendekati ASI, sehingga di beberapa negara susu kambing dianjurkan sebagai pengganti ASI terlebih bagi bayi-bayi yang alergi terhadap susu sapi (intoleransi laktosa).

Susu kambing  memiliki protein dan efek laksatif rendah serta bersifat basa (alkaline food) sehingga bisa dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap susu sapi (intoleransi laktosa) karena tidak menyebabkan diare.

3. Menenangkan sistem pencernaan

Kadar fluorin dalam susu kambing berkisar 10-100 kali lebih besar daripada susu sapi.  Bagus untuk membantu pencernaan dan menetralisir asam lambung. Susu kambing memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan serta mencukupi rasa lapar secara efektif bahkan bagi anak-anak.

4. Kaya kalsium dan gizi alami

Kandungan susu kambing kaya akan kalsium serta asam amino tripofan,  selain itu juga bergizi secara alami

Kambing disebut sebagai hewan natrium bio-organik, dimana berkaitan dengan semangat, fleksibilitas, dan vitalitas.

Natrium bio-organik merupakan elemen yang membuat sendi bergerak dan lebih lentur. Susu kambing telah digunakan dalam pengobatan untuk memelihara serta regenerasi sistem saraf.

5. Anti alergi alami

Kandungan fluorin pada susu kambing dapat menyembuhkan reaksi-reaksi alergi pada kulit, saluran napas dan pelindung jaringan paru. Penelitian ilmiah menyebutkan susu kambing memiliki protein terbaik setelah telur dan hampir setara dengan ASI.

6. Kolostrum kambing untuk kecantikan

Seperti halnya manusia, air susu induk kambing yang habis melahirkan menghasilkan kolostrum yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tingkat keasamannya yang menyerupai kulit berfaedah melembabkan dan menghaluskan kulit.

Susu kambing terbaik dikonsumsi adalah susu yang segar (raw goat milk).  Pemasakan dengan cara pemanasan justru akan merusak kandungan fluorin didalamnya.

Untuk mendapatkan khasiat dan kenikmatan susu kambing segar sebaiknya diminum dalam keadaan dingin tanpa dihangatkan. Apabila ingin menikmati dalam kondisi hangat, rendam susu bersama kemasannya dalam air hangat sebentar saja. Pemanasan berlebihan akan merusak kandungan susu kambing. Dan jika belum dikonsumsi jangan lupa untuk menyimpan susu kambing dalam keadaan beku (dalam freezer).

Mau sehat, bugar dan cantik? Yuk selipkan susu kambing segar dalam menu  kita. (Dari berbagai sumbe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *