7 Cara Alami Mengeluarkan Racun Dari Tubuh (Detoks)

Tidak dapat dipungkiri gaya hidup masa kini membuat tubuh kita rentan terpapar oleh racun maupun radikal bebas, baik dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh. Makanan yang kita konsumsi sehari-haripun bisa menghasilkan racun dari sisa-sisa hasil metabolisme atau fungsi yang dilakukan tubuh. Untuk itu  diperlukan detoksifikasi  untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh kita. Tubuh perlu beristirahat sejenak untuk membersihkan dirinya.

Walaupun di dalam tubuh sendiri sudah ada mekanisme khusus untuk membuang racun seperti dari keringat atau air seni, namun ada baiknya kita juga turut membantu tubuh membersihkan racun. Setelah melakukan detoksifikasi, tubuh akan terasa lebih segar dan lebih bugar.

Simak 7 tips  detoksifikasi secara alami berikut ini :

  1. Puasa

Pada saat puasa, kita tidak minum dan tidak makan selama beberapa jam. Waktu itu dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk pembersihan diri dan juga untuk beristirahat sejenak. Ini bermanfaat bagi  tubuh untuk mengatur ulang fungsinya, pemulihan, dan penyegaran.

  1. Minum air lebih banyak

Air akan membersihkan sistem tubuh dengan menjaga ginjal, liver, usus, dan limfa bekerja dengan baik. Minumlah air sebanyak dua liter setiap hari ditambah satu atau dua cangkir teh. Ada cara untuk mengetahui apakah kita sudah cukup mengonsumsi cairan, yakni jika kita bisa buang air kecil tiap beberapa jam sekali dan warna urin tidak pekat. Saat kita ingin mengeluarkan racun dari tubuh, kita mungkin membutuhkan lebih banyak air daripada rekomendasi biasanya.

  1. Perbanyak sayuran & Buah

Untuk makan siang dan makan malam, konsumsi smoothie sayuran. Blender beberapa jenis sayuran sekaligus ditambah buah untuk mendapatkan sedikit rasa manis dan protein (putih telur, tahu, atau yogurt plain). Kombinasi ini akan memberikan Anda vitamin, mineral, fitokemikal, dan antioksidan yang dibutuhkan. Satu porsi smoothie ini mengandung sekitar 300 kalori sehingga Anda perlu meminumnya 2-3 kali dalam sehari.

  1. Kurangi konsumsi gula

Mengurangi konsumsi gula Anda, termasuk pemanis buatan, juga merupakan sebuah usaha untuk mengurangi racun dalam tubuh Anda. Mengonsumsi banyak gula juga dapat memberatkan kerja pankreas dalam menghasilkan insulin. Sebaiknya, pilihlah makanan sumber gula (karbohidrat) yang juga mengandung serat, seperti gandum, oat, dan beras merah, sehingga Anda mendapatkan manfaat lebih.

  1. Bergeraklah

Mungkin Anda merasa kurang bertenaga untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, tetapi olahraga dengan intensitas rendah sebaiknya tetap dilakukan untuk menjaga sirkulasi darah sehingga proses pengeluaran toksin lebih lancar.

Olahraga merupakan salah satu cara sehat untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar dan juga untuk membantu tubuh mengeluarkan racun. Untuk Anda yang tidak suka olahraga, ayo mulai sekarang lakukan olahraga setidaknya 30 menit saja dalam sehari.

  1. Terapkan Pola Hidup sehat

Jika Anda perokok, sebaiknya hentikan terlebih dahulu kebiasaan merokok  saat Anda sedang menjalankan detoksifikasi. Rokok dan asap rokok yang terhirup oleh  adalah racun bagi tubuh. Begitu juga jika Anda terbiasa minum minuman alkohol, sebaiknya juga tinggalkan kebiasaan ini. Alkohol dapat memberatkan kerja hati, ini tentu tidak baik saat Anda sedang berusaha mengeluarkan racun dari tubuh.

Jika Anda penggemar kopi, Anda juga harus berhenti sejenak untuk menikmati sajian kopi . Kopi mengandung kafein yang dapat menjadi racun bagi tubuh. Sebaiknya, ganti minuman kopi  setiap pagi dengan secangkir teh hijau. Walaupun kopi dan teh sama-sama mengandung kafein, namun jenisnya berbeda.

Teh hijau juga mengandung polifenol, sejenis antioksidan, yang dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh.

  1. Istirahat yang cukup

Tidur merupakan waktu tubuh untuk beristirahat, sehingga tubuh segar kembali keesokan harinya. Tidur cukup setiap malam membantu tubuh dalam mengurangi racun yang terbentuk dalam tubuh, karena saat tidur organ-organ dalam tubuh tidak bekerja sekeras saat Anda bangun.  (Dari Berbagai Sumber)


Leave a Reply

Your email address will not be published.