7 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Untuk Pemula

Bisnis di bidang kuliner takkan ada matinya, karena kebutuhan makanan merupakan kebutuhan primer dalam kehidupan manusia. Bisa kita lihat bisnis kuliner mulai dari cemilan, jajanan kaki lima, warteg, rumah makan Padang, fast food hingga restoran bertebaran di sekitar kita.

Berminat juga untuk memulai bisnis di bidang kuliner? Bisa dengan jualan makanan ringan, minuman maupun makanan berat.

Nah berikut 7 tips memulai bisnis kuliner untuk pemula :

1.Kualitas rasa

Yang paling utama dalam bisnis kuliner adalah rasa yang enak. Jaga konsistensi cita rasa kuliner menjadi kunci kesuksesan menjalankan bisnis makanan. 

2. Konsep unik

 

Konsumen era milenial seperti sekarang ini menyukai sesuatu yang baru dan berbeda. Mereka sudah bosan dengan kuliner yang biasa-biasa saja. Karena itu buatlah konsep kuliner semenarik mungkin yang berbeda dari bisnis kebanyakan sehingga membuat orang penasaran dengan produk yang kita jual. 

3. Food safety

Pastikan untuk selalu menjaga food safety produk kuliner kita dengan cara menggunakan bahan baku yang berkualitas baik dan memenuhi kualifikasi BPOM. Jangan sampai menggunakan bahan-bahan yang berbahaya untuk kesehatan.

4. Target pasar

Tentukan dulu target market yang akan dituju. Target pasar di bidang kuliner sangat luas, karena itu dengan menentukan target pasar secara lebih spesifik maka akan lebih mudah menentukan tujuan dan cara pemasaran selanjutnya. Misalnya mau berjualan makanan katering sehat tentu akan menyasar segmen pekerja/karyawan yang peduli dengan gaya hidup sehat atau mereka yang sedang program diet.

5. Harga yang sesuai

Berikan harga yang terjangkau sesuai dengan jenis kuliner kita. Lebih bagus lagi jika kita menjual produk kuliner dengan harga terjangkau plus dengan pelayanan yang baik pula. Sudah dipastikan bisnis akan berkembang lebih cepat, karena kedua poin ini adalah salah satu alasan konsumen untuk membeli.

6. Pemasaran melalui aplikasi online

(Foto : Detik.net)
 
Di era digital serba online seperti sekarang ini kita bisa memanfaatkan layanan ojek online untuk memasarkan produk kuliner dengan bergabung melalui Go Food/ Grab Food. Persyaratannya cukup mudah dan pastinya sangat membantu sekali untuk memasarkan produk kuliner kita.

7. Aktif di medsos

Manfaatkan kekuatan sosial media untuk ajang promosi. Posting foto-foto produk kuliner yang menarik di feed Instagram. Dan pastinya berikan layanan yang memuaskan dan fast respon kepada pembeli sehingga mereka akan dengan senang hati membantu mempromosikan produk kuliner kita.

Nah itu tadi sedikit sharing tips memulai bisnis kuliner untuk pemula. Semoga bermanfaat. (Dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *