6 Tips Aman Bertransaksi dengan Mobile Banking

Seiring meningkatnya  gaya hidup cashless, transaksi menggunakan mobile banking semakin meningkat.  Membayar segala jenis kebutuhan menjadi sangat mudah dan praktis, cukup sentuh layar smartphone. Semudah itu!

Sayangnya, transaksi melalui mobile banking pun rentan terkena berbagai risiko. Salah satu  yang paling berbahaya adalah peretasan. Karena itu untuk meminimalkan risiko mobile banking diretas, sebaiknya lakukan antisipasi langkah-langkah berikut ini :

1. Jangan gunakan Wi-fi gratis

Saat mengakses aplikasi mobile banking, hindari menggunakan wi-fi publik atau gratis. Berselancar di koneksi internet Wi-Fi tidak dijamin aman.  Dalam kondisi ini, smartphone dan aplikasinya rentan diretas. Jadi, hindari membagikan informasi pribadi kamu saat menggunakan wifi publik.

2. Pastikan keamanan situs web di bank penerbit kartu.

Mengetahui langkah-langkah keamanan yang disediakan oleh bank akan membantu kita untuk lebih percaya pada keamanan akun kita. Periksa dengan baik situs website bank yang resmi.  Jika melihat aktivitas mencurigakan di rekening bank kita segera hubungi pihak Bank melalui layanan resmi yang disediakan.

3. Aktifkan Layanan Otentikasi Akun

Sebagian besar bank menawarkan berbagai layanan dan perangkat otentikasi, salah satunya adalah kata sandi satu kali, yang mengotentikasi dan memverifikasi proses transaksi. Dengan mengaktifkan layanan ini sangat membantu melindungi keamanan transaksi perbankan kita.

4. Selalu update aplikasi mobile

Selalu updtae aplikasi mobile banking secara teratur.  Pastikan bahwa aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur keamanan terbaru.

Karena seringkali pembaruan ini juga terkait dengan peningkatan keamanan yang dapat membuat perangkat kita lebih aman.

5. Ganti password secara berkala

Pihak bank akan selalu meminta kita untuk mengganti passwordnya secara berkala untuk melindungi data perbankan kita dari resiko peretasan.

6. Pasang mode kunci pada HP atau aktifkan fungsi keamanan biometrik

Lindungi smartphone dari kehilangan/ pencurian dengan memasang mode kunci dan gunakan kata sandi untuk mencegah peretas atau pencuri mengakses semua informasi berharga yang tersimpan di gawai termasuk data dan informasi perbankan. (Dari : berbagai sumber)

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *