5 Tips Hemat Jelang Ramadhan, Kebutuhan Terpenuhi Tanpa Boros

Jelang bulan suci Ramadhan sebentar lagi, mempersiapkan hati dan niat yang mulia mutlak kita lakukan. Namun selain persiapan hati, ada baiknya kita juga mempersiapkan budget untuk kebutuhan selama Ramadhan. Seperti kita tahu setiap menjelang Ramadhan dan mendekati hari raya, harga kebutuhan sehari-hari akan mengalami kenaikan harga.  Disinilah pentingnya atur keuangan dengan baik supaya kebutuhan selama Ramadhan terpenuhi tanpa boros.

Berikut 5 tips belanja hemat jelang Ramadhan tanpa boros :

1.    Belanja sesuai kebutuhan

Pola konsumsi akan mengalami perubahan pada saat puasa, dorongan berbelanja saat perut kosong membuat kita lebih boros lantaran membeli aneka makanan dan minuman. Belum lagi godaan diskon dari online shop dan PKL yang memajang aneka takjil menggoda sepanjang jalan.

Kendalikan diri dan hanya belanja yang sesuai kebutuhan. Tentukan skala prioritas kebutuhan yang paling penting. Ingat masih ada kebutuhan lain yang tidak kalah penting seperti biaya pendidikan menjelang tahun ajaran baru.

2. Manfaatkan diskon

Banyak marketplace dan pusat perbelanjaan yang berlomba-lomba menawarkan diskon menarik jelang Ramadhan. Manfaatkan diskon ini untuk berburu kebutuhan Ramadhan dan hari raya. Lumayan bisa membeli kebutuhan seperti baju lebaran, perlengkapan ibadah dll dengan harga promo. Walaupun banyak serbuan diskon, ingat ya tetap kendalikan diri saat belanja.

3. Buat menu makanan untuk Ramadhan

Tetapkan budget tertentu untuk membeli makanan sahur dan berbuka seperlunya sesuai kebutuhan. Kita bisa mengendalikan keuangan dengan membuat daftar menu makan selama Ramadhan sehingga kita bisa memilih mana saja makanan yang memang dibutuhkan dan mana yang kurang dibutuhkan. Dengan cara ini kebutuhan untuk makanan di bulan puasa bisa lebih terkontrol.

4. Cicil kebutuhan Ramadhan

Harga barang-barang konsumsi akan mengalami kenaikan di bulan puasa dan hari raya. Untuk menghemat biaya, mulailah mencicil keperluan Ramadhan dari sekarang disaat harga masih normal.

5. Alokasikan anggaran untuk amal

Memperbanyak amal di bulan Ramadhan sangatlah dianjurkan termasuk dalam beramal jariyah. Termasuk kewajiban mengeluarkan zakat fitrah jelang hari raya. Untuk itu salah satu tipsnya, sisihkan dana untuk pos anggaran kegiatan amal dan sosial dari sekarang.

Selamat Menyambut Ramadhan!

3 Comments on “5 Tips Hemat Jelang Ramadhan, Kebutuhan Terpenuhi Tanpa Boros”

  1. Terima kasih, tios yang bagus skali.
    Namun bagi kita org indonesia biasanya tiap bulan ramadhan suka sering sekali diadakannya acara buka bersama, entah dri tmn sd, smp, sma, kuliah dll. Bagaimana tips dalam mengelola keuangan agar tdk kelenderan selama bulan ramadhan?

  2. Tips yang inspiratif. Mengingatkan kita bahwa berpuasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus, tapi juga menahan hawa nafsu agar tidak boros.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *