Generic Banner

3 Kunci Sukses Berbisnis Dari CEO Bukalapak yang Bisa Kita Tiru

Siapa yang tidak kenal Bukalapak, marketplace besutan Achmad Zaky ini termasuk dalam jajaran aplikasi belanja paling populer di Indonesia. Kamu pasti pernah dong belanja di Bukalapak, atau malah termasuk pelapak yang mereguk manisnya berjualan online di platform Bukalapak.  Dilansir dari Antaranews.com, Bukalapak mencatat pertumbuhan transaksi tiga kali lipat pada 2017 dengan jumlah pengguna aktif bulanan di Indonesia saat ini berjumlah sekitar 35 juta.

Pada acara Supermentor, 14 April lalu di kota Bogor, Achmad Zaky pendiri Bukalapak ini buka-bukaan resep sukses serta pengalamannya dalam merintis bisnis dari nol hingga sukses mencapai pendapatan Rp 13 T. 

Yuk simak 3 kunci sukses CEO Bukalapak membangun bisnis yang bisa kita ikuti :

1. Cari partner kerja yang tepat

“Tips berbisnis itu, carilah partner yang sehati yang tepat”

Menurut lulusan ITB ini, pengembangan usaha yang sukses membutuhkan rekan kerja, untuk itu mencari rekan kerja yang tepat adalah salah satu kunci sukses memulai usaha.

2. Jangan takut gagal

Jatuh bangun dalam merintis bisnis adalah hal yang wajar. Bagi Zaky menjadi pebisnis tidak boleh hanya mengharap enaknya saja.  Tetapi meresapi kegagalan sebagai pelajaran yang paling efektif untuk melatih jiwa bisnis lebih baik lagi.

Untuk membangun bisnis dari nol sampai berpendapatan Rp 13 triliun, lanjut Zaky, dirinya harus melewati kegagalan-kegagalan kecil untuk bisa menang seperti saat ini. Dengan kegagalan akan menjadi tahu, dan tidak akan mengulangi kegagalan yang sama.

3. Terus belajar

Menurut penerima Penghargaan Satyalencana Wira Karya dari Pemerintah Indonesia ini, seorang pebisnis  harus mau terus belajar agar mendapat ilmu dari orang-orang lain yang jauh lebih pintar.

“Kebanyakan kita merasa paling pintar, padahal yang dipekerjakan itu adalah orang-orang yang jauh lebih pintar”

 

Kini Achmad Zaky dan Bukalapaknya dinobatkan sebagai salah satu tokoh ikonik pengusaha muda Indonesia di bidang perusahaan berbasis marketplace C2C yang berfokus pada pemberdayaan UKM dan telah membawa perubahan bagi banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *